THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Senin, 07 Februari 2011

Eksistensi Identitas Bangsa













            Kebudayaan merupakan salah satu factor penting dalam terbentuknya identitas bangsa. Namun keberadaan identitas nasional itu sendiri sampai sekarang masih dipertanyakan oleh banyak kalangan karena dengan sangat majemuknya suku bangsa di Indonesia sangat sulit menentukan identitas nasional karena identitas nasional seyogyanya dapat mewakili pandangan-pandangan hidup, kebudayaan, norma-norma mereka bahkan kepentingan terkecil mereka. Namun dalam realitasnya menjadi sesuatu yang sulit untuk menjalani peran sebagai anggota dari bangsa  Indonesia sedangkan identitas dari bangsa Indonesia itu sendiri masih terlihat kabur, kemudian bagaimana pendidikan  nasional dapat  mengembangkan kekayaan nasional dan masing-masing budaya lokal sedang sering dijumpai di sekolah-seoklah yang notabene sebagai lembaga pendidikan resmi, tetapi di sekolah itu sendiri kebudayaan diabaikan. Banyak yang tidak sadar tentang keberadaan budaya sebagai identitas bansa bahkan sebagai dentitas sekolah itu sendiri.
            Peran seperti apa yang kita jalani sebagai bangsa Indonesia jika kebudayaan indentitas kebudayaan bangsa ini  sendiri masih begitu kabur. Bangsa Indonesia hingga saat ini belum memiliki  identitas kebudayaan yang jelas. Selama ini Indonesia hanya memiliki kebudayaan yang semu yang  belum mantap tetapi dipaksakan seolah-olah menjadi cirikhas kebuadyaan bangsa[1]. Maka tidaklah aneh jika hanya peran sebagai anggota dari suku bangsa  sajalah yang menonjol dan mengabaikan perannya sebagai anggota dari bangsa Indonesia namun yang dikhawatirkan adalah ketika Indonesia kehilagan identitasnya sebagi bangsa indonesia karena masing-masing etnik yang ada melupakan idenitasnya sendiri sebagai anggota dari suku bangsanya. Karena apa yang dapat dijadikan identitas. Dalam UUD 45 yang dikatakan sebagai kebudayaan Indonesia adalah seluruh kebudayaan dari tiap-tiap etnik di Indonesia. Dewasa ini masing-masing dari kebudayaan tiap etnik di negeri ini mulai luntur, terlihat dari gencarnya globalisai yang menyentuh kebudayaan etnik-etnik yang ada di Indonesia sehingga kebudayaan dari etnik itu  sendiri sedikit-demi sedikit bergeser.
Kini Agustus 2010 orang-orang bangga berbincang-bincang menggunakan bahasa asing. Padahal hanya bahasa indonesialah yang dapat dikatakan dengan mantap sebagai identitas bangsa Indonesia. Saat ini Indonesia hanya memiliki dua unsur kebudayaan yang dapat dikatakan sudah mantap, yaitu bahasa dan pancasila sebagai filosofi atau pandangan hidup  bangsa, bahkan pancasilapun hingga kini masih terus dipermasalahkan sebagai pandangan hidup bangsa oleh beberapa pihak[2]. Dewasa ini ada kecenderungan menggunakan bahsa asing seperti Inggris, Sansekerta untuk nama gedung pemerintahan seperti DPR, pusat-pusat perbelanjaan, dan perumahan [3]. Lalu apa lagi yang dapat menunjukan  sebagai anggota dari bangsa Indonesia jika identitasnya sendiri masih kabur?
Beralih kepada pendidikan nasional dalam upaya pengembangan identitas nasional. Ethnic culture always seen as s marginal aspect of school by many educator because they do not believe it impact (Pang). Seperti yag dikatakan Pang kebudayaan sering dianggap sebagai aspek marginal dalam sekolah oleh banyak pendidik karena mereka tidak mempercayai dampak kebudayaan . bagai mana  akan timbul rasa kebanggaan akan kebudayaan nasional dan budaya-budaya lokal jika kebudayaan sebagai  aspek terpenting dalam pembentukan identitas kebudayaan sering diabaikan. Dan untuk Indonesia sendiri.
Mellihat dari realita yan ada menjadi sulit menjalani peran sebagai anggota diri Bangsa Indonesia serta anggota dari suku-suku bangsal lainnya dikarenakan identitas dari bangsa sendiri yang belum jelas dan dalam pendidikanpun identitas-identitas  tersebut terabaikan dikarenakan adanya dampak pengaruh asing dan internal yakni pendidikan Indonesia sendiri yang sibuk menghadapi Ujian nasional. sehingga kemajemukan budaya Indonesia Masih Menjadi  suatu permasalahhan bagi terbentuknya identitas nasional


[1] ________, Bangsa Indonesia belum memiliki identitas kebudayaan (2002.  juni 28). Kompas. 9.5-7.

[2] Ibid.
[3] H. Ar Tilaar. Mengindonesia etnisitas dan identitas bangsa Indonesia.  (2007.Jakarta:Ttrinekacipta). Hlm. 78

0 komentar: