THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Selasa, 08 Februari 2011

LELAKI ITU

entah siapa dia
entah apa yang dilakukannya
entahlah aku tak tahu
@terminal pulogadung pukul 12.15
seprti biasa dan sewajarnya tidak pernah kudapati terminal ini sepi (yaiyalah namanya juga terminal)
namun ada yang takbiasa kulihat pada hari ini
seorang lelaki, tak terlalu tua ia, badannya masih kokoh
lebih tepatnya ia adalah seorang pemuda
ya, lelaki itu seorang pemuda yang membuat mataku membuka lebar walaupun pada awalnya aku enggan membuka dengan lebar mataku ini karena terik mata hari terlalu menyilaukan pandanganku
ya, lelalki itu benar-benar membuat mataku membuka lebar tentu bukan karena ketampanannya, bukan
yang membuat aku membuka lebar-lebar mataku ini karena sebatang balok akan mendarat di kepala lelaki itu
entahlah apa yang ia lakukan sehingga orang-orang mengerumuninya sambil sesekali mencerca bahkan ada yang ingin memukul kepalanya

lelaki itu walau terlihata kokoh namun nampak jelas ia telah lelah melewati kerasnya kehidupan
sorot matanya terlihat tak ada hasrat untuk memandang jauh kedepan
gerak badannya hanya melukiskan kepasrahan
wajah lelaki itu dipenuhi debu yang berhari-hari tidak pernah dibasuh dengan sabun, ah jangankan sabun airpun sepertinya tidak, wajah laki itu dipenuhi warna hitam.
bajunyapu compang camping,
aku taktahu pasti baju warna apa yang ia kenakan karena sama dengan wajahnya bajunyapun dipenuhi warna hitam.
di tengah kerumunan masa itu juga ada sebuah sepeda, aku rasa sepeda itu milik lelaki itu
sesekali ada seorang yang  berteriak "rusakin aja sepedanya"

ku dekati keruman masa itu, kuhentikan langkajku sejenak
ahh ternyata lelaki itu adalah seorang gelandangan yang mencuri
entahlah aku tak tahu apa yang ia curi
sampai saat lelaki itu dizinkan pergi oleh masa aku baru tahu jika laki-laki itu mencuri mie isntan
soalnya.. saat ia terburu-buru meninggalkan masa mie yang ada dalam karungnya berjatuhan
ingin rasnya aku membantunya namun langkahku tertahan dalam diam.
:-)


ahh melihat lelaki itu aku jadi ingat msalah-masalah hukkum yang terjadi di indonesia dimana seseorang yang mencuri sendal jepit bolong, buah kakao, buah semangka divonis hukuman penjara, tampa ampun vonis itu dijatuhkan. tajam memang hukum di indonesia , dan pada masyarakatpun untuk hal ini tidak ada ampun. sering bukan kita dengar "pencuri ayam di gebukin sampe mati"
rasanya tak adil memang melihat orang yang mencuri karena lapar harus dihukum sedimikan rupa, padahal yang dicuripun tak seberapa, bukan maksud untuk membela merek para, aku sangat setuju bila sekecil apapun kejahatan harus mendapat sangsi agar tidak terulang lagi, dan menjadi model untuk orang lain yang ingin melakukan hal yang sama. tapiang jadi masalah tajamnya hukum itu seakan tak berfungsi apa-apa untuk menjerat petingi-petinggi yang mencuri lebih buanyak uang, jika orang-orang di atas mencuri utnuk menyambung kehidupan, tapi petinggi-petinggi di sana mencuri kehidupan mereka. mungkin merekalah yang menjadikan orang-orang disana sebagai pencuri.

akupun ragu apakah ketika gayus tambunan ada di tengah masayarakat akan dihakimi seprti pencuri mie instan tadi??

0 komentar: